Langsung ke konten utama

Evaluasi Pencahayaan Alami Pada SMA Santo Albertus Dengan Simulasi Perangkat Lunak Velux Daylight Visualizer

 


Sebagai salah satu lembaga pendidikan di Kota Malang, SMA Katolik Santo Albertus merupakan salah satu sekolah bersejarah di Kota Malang. Sekolah yang didirikan pada tahun 1936 ini terletak di Jalan Talang nomor 1, Kelurahan Oro-oro Dowo, Kecamatan Klojen, Kota Malang. SMA Katolik Santo Albertus sendiri dikenal juga dengan nama SMA Dempo karena berhadapan dengan Jalan Dempo. Dengan sejarah panjangnya, terdapat sebuah permasalahan yang muncul karena desain sekolah yang masih sama seperti pada saat awal dibangun. Berdasarkan penelitian milik Costanzo, dkk (2018), ditemukan bahwa pada bangunan pendidikan dengan latar belakang desain bersejarah terdapat ketidaknyamanan visual berupa kurangnya tingkat pencahayaan di beberapa titik serta silau yang ditimbulkan akibat beberapa faktor seperti perubahan fungsi ruangan dan perbedaan tingkat pencahayaan yang cukup signifikan pada titik di dekat bukaan dengan titik yang lebih jauh dari bukaan. Hal ini juga didukung oleh penelitian Acosta, dkk (2015) dimana penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat sangat banyak faktor bukaan yang memengaruhi pencahayaan alami mulai dari bentuk, letak dan posisi bukaan dengan nilai yang dihasilkan. Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa bukaan dengan bentuk persegi menghasilkan pencahayaan yang lebih baik dibandingkan dengan bentuk lain. Ukuran bukaan juga berpengaruh dimana pada penelitian tersebut ditemukan bahwa ukuran dan tingkat pencahayaan yang dihasilkan berbanding lurus kecuali pada daerah di dekat bukaan. Mengingat pada desain SMA Katolik Santo Albertus memiliki beberapa ruangan tertentu dengan bukaan persegi berukuran sangat besar, maka bukaan berpotensi tersebut dapat dikaji untuk mengetahui apakah konsep desain yang diterapkan masih layak dan dapat menyelesaikan permasalahan pada bangunan sebagai upaya konservasi energi serta menjaga kenyamanan visual dan memaksimalkan bangunan sebagai fungsinya.

Untuk mengetahui tingkat pencahayaan pada SMA Katolik Santo Albertus, analisa akan dilakukan dengan bantuan perangkat lunak Velux Daylight Visualizer. Velux Daylight Visualizer sendiri merupakan sebuah perangkat lunak untuk melakukan analisis pencahayaan alami pada sebuah model yang telah dibuat. Output dari Velux Daylight Visualizer berupa Daylight Factor (DF) atau Faktor Penerangan Alami Siang Hari (FPASH) dan Kuat Penerangan (E). Nilai Kuat Penerangan (E) akan menjadi indikator utama untuk menjawab bagaimana tingkat pencahayaan dan kenyamanan visual pada ruangan dengan merujuk nilai hasil simulasi yang dihasilkan dengan SNI 03-2396-2001 sebagai standard kenyamanan visual di Indonesia. untuk melakukan analisa, maka penulis perlu melakukan permodelan berdasarkan dengan gambar denah dan gambar potongan untuk menghasilkan model bangunan yang akurat. Setelah permodelan selesai dilakukan, maka proses analisa melalui aplikasi dapat dijalankan. Meskipun hasil simulasi didapat dari data yang terkontrol, data tersebut harus dicek kesesuaiannya dengan kondisi nyata. Untuk melakukan pengecekan tersebut, pendapat siswa sebagai pengguna ruangan akan menjadi data pendukung atau penyanggah sesuai dengan padanan hasil simulasi dan pendapat siswa. Dengan demikian, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh desain dan tata letak bangunan yang ada pada SMA Katolik Santo Albertus terhadap tingkat pencahayaan alami pada ruangan yang ada. Selain itu, peneliti juga ingin mengetahui bagaimana pendapat siswa tentang tingkat pencahayaan alami pada ruangan sebagai pengguna.


 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kerjasama Program Studi D4 Perpustakaan Digital Fakultas Vokasi UM dengan Sekolah Thursina International Islamic Boarding School

Selasa, 19 September 2023. Program Studi D4 Perpustakaan Digital melaksanakan kegiatan penandatanganan dokumen Kerjasama dengan Sekolah Thursina Internasional Islamic Boarding School . Kegiatan ini diikuti oleh Dekan Fakultas Vokasi Universitas Negeri Malang, Kepala Program Studi D4 Perpustakaan Digital, Dosen Perpustakaan Digital, Kepala perpustakaan beserta pustakawan Thursina Internasional Islamic Boarding School. Kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan kualitas pembelajaran, kolaborasi dalam kegiatan penelitian dan pengabdian baik dosen maupun mahasiswa, dan peningkatan kompetensi sumber daya manusia khususnya pustakawan Thursina Internasional Islamic Boarding School. Kegiatan ini dimulai dengan sambutan oleh Bapak Dr. Muladi, S.T., M.T. selaku Dekan Fakultas Vokasi Universitas Negeri Malang dan pengenalan prodi perpustakaan digital oleh Bu Inawati S.I .P., M.M. selaku Kepala Program Studi D4 Perpustakaan Digital, kemudian dilanjutkan dengan proses pemaparan bentuk Kerjasama yang

Fakultas Vokasi

Program Studi FV Mengintegrasikan program studi Diploma IV yang sebelumnya berada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Sastra, dan Fakultas Teknik menjadi program studi pada Fakultas Vokasi Universitas Negeri Malang. 1. Program Studi Diploma IV Akuntansi Diploma IV Akuntansi merupakan salah satu program studi pada Fakultas Vokasi Sarjana Terapan (S.Tr.Akt.) diharapkan menghasilkan Sarjana Terapan yang mampu menjadi Auditor, Akuntan, Analis Keuangan, Konsultan Keuangan dan pajak 2. Program Studi Diploma IV Manajemen Pemasaran Diploma IV Manajemen Pemasaran merupakan salah satu program studi pada Fakultas Vokasi Sarjana Terapan (S.Tr.) diharapkan menghasilkan Sarjana Terapan yang mampu menjadi mengembangkan digital marketing yang disepadankan dengan berbagai aspek sektor Pendidikan vokasi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). 3. Program Studi Diploma IV Animasi Diploma IV Animasi merupakan salah satu program studi pada Fakultas Vokasi Sarjana Terapan (S.Tr.) diharapkan mengha